Strategi Marketing |
Marketing adalah strategi menjual. Pelakunya adalah marketer atau lebih lazim disebut sales. Jualan adalah ruh dari sebuah bisnis. Tanpa marketing usaha apapun tidak akan laku. "Bagaimana mau beli, tahu aja kagak", begitu kata konsumen.
1. Product Knowledge
1. Product Knowledge
Product knowledge adalah pemahaman tentang suatu barang atau jasa yang diperoleh dari training perusahaan atau dengan cara menggunakan produknya secara langsung pada diri sendiri. Sales harus mengetahui bukan hanya produk yang dijualnya saja, melainkan juga produk-produk dari para pesaingnya. Hampir semua calon pembeli akan membandingkan antara merek yang satu dengan merek lainnya. Inilah pentingnya seorang sales menguasai produk knowledge. Sales wajib mengetahui dengan detail produknya, mulai dari kelebihan, kekurangan, sampai pada pengoperasian dan perbaikan produk yang rusak.
Sales adalah salah satu unsur penting yang ikut mempengaruhi seseorang dalam pengambilan keputusan untuk membeli sebuah produk. Bagi pembeli yang benar-benar buta akan suatu produk, informasi yang didapat dari sales merupakan pegangan bagi mereka.
Jika Anda seorang sales, tempatkanlah terlebih dahulu diri Anda sebagai seorang pembeli. Hal ini penting agar Anda dapat mengetahui apa yang diinginkan dan dibutuhkan oleh seorang pembeli. Kebanyakan sales hanya mengejar target penjualan hingga mereka tidak mau tahu kebutuhan calon pembeli.
2. Menegement Harga
3. Tawarkan Cross Selling
4. Utamakan Kepuasan Pelanggan
5.
Bersambung
Komentar
Posting Komentar